Pernahkah kalian merokok di dekat ibu/wanita hamil? Atau pernahkah anggota keluarga kalian merokok di sekitar ibu hamil? Tahukah anda bahaya asap rokok bagi ibu hamil dan bagi calon bayinya? Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana bahaya asap rokok bagi ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya.


1. Merokok  mengurangi kesempatan untuk hamil
Bahan kimia berbahaya yang ada di dalam asap rokok dapat mengganggu fungsi dari saluran yang ada di indung telur sampai ke rahim.  Hal ini dapat menurunkan kesuburan atau menyebabkan komplikasi kehamilan. Penelitian juga menemukan bahwa asap rokok dapat merusak DNA di dalam sperma laki-laki. Kerusakan DNA ini dapat menurunkan kesuburan, menyebabkan cacat lahir, atau menyebabkan keguguran.

2. Merokok dapat menyakiti bayi dalam kandungan
Merokok selama kehamilan meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, bayi lahir prematur, bayi dengan berat badan rendah, dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Kelahiran prematur adalah ketika bayi lahir terlalu dini. Berat badan lahir rendah adalah ketika bayi berat kurang dari 2,3 kilogram. Bayi yang lahir terlalu dini atau terlalu kecil tidak sehat. Bayi yang ibunya merokok sekitar 3 kali sehari lebih mungkin untuk meninggal akibat SIDS (kematian mendadak).

Asap rokok dapat merusak jaringan otak dan paru-paru pada fase perkembangan bayi yang belum lahir. Ketika wanita hamil merokok, bisa menjadi masalah dengan pertumbuhan plasenta. Masalah dengan plasenta dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau berat badan lahir rendah. Merokok bahkan dapat membuat plasenta terlepas dari rahim terlalu dini. Jika ini terjadi, Anda akan keguguran atau melahirkan bayi anda terlalu dini.

3. Asap rokok dapat menyakiti bayi dan anak-anak
Mungkin sebagian ibu hamil berhenti merokok ketika sedang hamil, dan akan mulai untuk merokok lagi ketika bayi sudah lahir. Asap rokok yang dihirup bayi sama bahayanya ketika sebelum melahirkan. Bayi yang menjadi perokok pasif ketika lahir sangat beresiko meninggal akibat SIDS (kematian mendadak).

Bayi dan anak-anak yang menghirup asap rokok memiliki masalah kesehatan lainnya. Paru-paru mereka tidak bekerja dengan baik. Lebih dari 50% populasi balita di Indonesia terpapar asap rokok di rumah, di mobil, atau di tempat umum (Riskesdas 2010). Di Indonesia, sebanyak 47.546 kasus bayi lahir dengan berat badan rendah (IAKMI, Balitbangkes, 2012). Dan banyak sekali anak-anak menderita setiap tahun dari infeksi yang disebabkan oleh asap rokok, termasuk bronkitis, pneumonia, dan infeksi telinga dan batuk.

Untuk anak-anak yang menderita asma, bernapas asap rokok dapat memicu kambuhnya asma. Asma dapat cukup parah untuk mengirim anak ke rumah sakit. Kadang-kadang serangan asma begitu parah sehingga seorang anak dapat meninggal.


Hubungi Kami

"Apakah anda punya masalah kesehatan? seperti kanker, kista, asam urat, diabetes, darah tinggi atau masalah kesehatan yang lain? Sementara anda juga sudah puas berobat ke Dokter/Rumah Sakit?"

"Alhamdulillah dengan izin Allah SWT, ramai yang telah berhasil sembuh.. Bagaimana pula dengan anda?

Untuk pertanyaan atau konsultasi kesehatan, hubungi wakil kami di Riau, Indonesia:

AS'AD TAMBUSAI
0813-72175729 (call/sms/whatsapp)
E-mail: annabaatriau@hotmail.com

Atau buat temujanji
dan datang ke alamat kami:

PENGOBATAN HOLISTIK HERBAL
AN-NABAAT (DR. NURMAWATI)

Jln. Garuda Sakti Km. 7.5
Masuk Jln. Kijang Putih. Gg. Herbal
Desa Karya Indah. Kec Tapung
Kab. Kampar. 28464 Riau

Lihat google map:
https://goo.gl/maps/Rbzs39TPzau

WAKTU OPERASI:
Setiap Hari: Senin - Minggu
8.00 - 18.00 (WIB)

Video Herbal An-Nabaat